tugas VC-1 RANGKAIAN LOGIKA

VC-1            KELAS: 1IB02                           NAMA: ALVIN SEPTIAN VIRDYA

Gerbang logika adalah rangkaian dasar untuk membangun sebuah sistem elektronika digital.
Rangkaian gerbang logika dibagi menjadi 2 jenis :
a. Rangkaian kombinasional
b. Rangkaian sequensial

Pertanyaan :
1. Jelaskan definisi rangkaian kombinasional dan berikan 3 contoh piranti yang menggunakan rangkain ini. 
2. Jelaskan definisi rangkaian sequensial dan berikan 3 contoh piranti yang menggunakan rangkaian ini..
                                                          JAWAB
         
1.     Rangkaian kombinasional adalah rangkaian yang outputnya hanya tergantung pada input  “pada saat itu”. Pada prinsipnya, rangkaian kombinasional merupakan penerapan dan penerjemah langsung dari aljabar boole, yang biasanya dinyatakan sebagai fungsi  logika. Operator  logika yang digunakan dalam aljabar boole adalah inversi/ negasi(NOT),  perkalian
logika(AND) penambahan logika (OR). Contoh dari rangkain combinasional :

a.    ENKODER
Encoder adalah rangkaian logika kombinasional yang berfungsi untuk mengubah atau mengkodekan suatu sinyal masukan diskrit menjadi keluaran kode biner.

b.    DEKODER
Rangkaian dekoder mempunyai sifat yang berkebalikan dengan enkoder yaitu mengubah kode biner menjadi sinyal diskrit. Sebuah rdekoder harus memenuhi syarat perancangan m<2n .  variable m adalah kombinasi keluaran dan n adalah jumlah bit masukkan. Satu kombinasi masukkan hanya dapat mewakili satu kombinasi keluaran.

c.    MULTIPLEXER
Rangkaian logika kombinasional multiplexer atau disingkat MUX adalah alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukkan) yang akan diteruskan kebagian output(keluaran). Pemilihan input mana yang terpilih akan ditentukan oleh signal yang ada di bagian control(kendali) select.


2.    Rangkaian sequensial adalah rangkaian logika yang kondisi keluarannya dipengeruhi oleh masukkan dan keadaan keluaran sebelumnya  atau dapat dikatakan rangkaian yang berkerja berdasarkan urutan waktu. Ciri rangkaian logika swquensial yang utama adalah adanya jalur umpan balik(feedback) di dalam rangkaiannya.

a.    COUNTER
Rangkaian counter (perhitungan) adala logika sekuensial yang dapat dipergunakan untuk menghitung jumlah pulsa masuk dan dinyatakan dengan bilangn biner. Sesuai dngan namannya 4 BIT Binery counter adalah sesuatu rangkaian logika yang terdiri dari 4 buah Flip-flop yang mampu melaksanakan perhitungan sampai bilangan 16.
b.    REGISTER
Register adalah memori berukuran sangat kecil dangan kecepatan akses sangat tinggi. Register digunakan untuk menyimpan dan instruksi yang sedang diproses, sementara itu data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran diproses akan disimpan dalam main memory
c.    MEMORI
Memori adalah pusat dari operasi pada system kmputer modern, berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi  yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori adalah array besar dari word atau byte, yang disebut alamat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN ENCODER-DECODER DAN MULTIPLEKSER-DEMULTIPLEKSER

SUMBER DAYA ALAM

Kontruksi Alat Ukur Analog Dan Digital